Rabu, 20 Agustus 2014

Teori Humanistik

1.      Teori humanistik mengatakan bahwa dalam proses belajar juga dipengaruhi oleh arti pribadi dan diarahkan oleh perasaan-perasaan yang mereka ambil dari pengalaman belajar.
2.      Teori humanistik memandang pendidikan harus lebih peka terhadap kebutuhan affektif anak didik.
3.      Tujuan pendidikan humanistik :
a)      Mengembangkan keunikan potensi siswa.
b)      Memudahkan aktualisasi diri dan perasaan diri mampu pada siswa.
c)      Memperkuat erolehan ketrampilan dasar.
d)     Memutuskan pendidikan secara pribadi dan penerapannya.
e)      Mengenal pentingnya perasaan manusia, nilai dan persepsi dalam proses pendidikan.
f)       Mengembangkan suasana belajar yang kondusif.
g)      Mengembangkan kemanusiaan siswa dan terampil dalam menyelesaikan masalah.
4.      Teori humanistik mengubah pembelajaran teacher centered kepada student centered.
5.      Perubahan persepsi merupakan salah satu proses belajar.
6.      Prinsip-prinsip penting belajar humanistik :
a)      Keingininan untuk belajar (the desire to learn), adanya kebebasan untuk memuaskan rasa ingin tahu, tanpa ada halangan untuk menemukan diri sendiri.
b)      Belajar secara signifikan (significant learning), jika belajar relevan terhadap kebutuhan dan tujuan siswa.
c)      Belajar tanpa ancaman (learning without threat)
d)     Belajar atas inisiatif sendiri (self initiated learning),
e)      Belajar dan berubah (learning and change)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar